7 Contoh Desain Rumah Joglo yang Cantik dan Menarik

Wednesday, July 26th 2017. | Desain Minimalis, Desain Rumah

Desain Rumah Joglo yang Cantik dan Menarik – desain rumah joglo yang cantik mungkin akan sangat kita butuhkan saat kita akan membangun rumah dengan tema kultural. Ya, sebagai warga Indonesia yang bagus, sudah seharusnya kita menjaga dan melestarikan Harta budaya yang di miliki oleh negeri yang luas dan sabang hingga merouke ini. Indonesia memang negara luas yang mempunyai kebudayaan dan adat istiadat yang sangat melimpah. Setiap daerah yang tersebar luas di Indonesia, mempunyai adat dan budaya yang berbeda. Disparitas adat dan budaya ini Bisa terihat dari ragam Bahasa, ragam tarian, alat musik, hingga rumah adat yang mereka miliki. Disorientasi satu budaya yang membedakan setiap daerah di Indonesia yaitu rumah adatnya seperti halnya rumah joglo yang berasal dari daerah jawa tengah. Sebagai kecintaan admin di adat dan kebudayaan Indonesia, terutama rumah joglo. Maka dalam artikel kali ini akan Eksklusif membahas mengenai contoh desain rumah joglo yang cantik.

Mengenal Rumah Joglo yang Legendaris

Ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang, begitu pun dengan kebudayaan tak kenal maka tak tahu. Untuk itu, kali ini admin akan mengenalkan terlebih dahulu apa kah sebenarnya rumah joglo itu ?
Rumah joglo merupakan rumah adat yang berasal dari daerah jawa tengah. Desain dan bagian bagian di rumah adat jawa tengah ini penuh dengan makna dan symbol kebudayaan. Mulai dari kerangkanya hingga bagian bagaian ruangan dalam rumahnya pun bnayak mengandung makna yang sangat berarti. Dalam kerangkanya, rumah joglo mempunyai 4 pilar utama yang merupakan symbol dari empat arah angin yakni barat, utara, selatan dan timur. Di masyarkat jawa, rumah joglo ini merupakan sesuatu yang Bisa membedakan tingkatan social di masyarakatnya. Sama seperti daerah lain, rumah joglo hanya boleh dimiliki oleh keturunan darah biru atau pun bangsawan. Seperti halnya rumah di umumnya, rumah joglo ini juga mempunyai bagian bagian yang Bisa dibedakan dalam beberapa bagian yakni pendopo, pringgitan dan omah njero atau yang biasa di sebut juga omah ndalam.

Baca Juga : 4 Desain Plafon Rumah Yang Membuat Rumah Lebih Indah

1. Pendopo

Pendopo merupakan bagian rumah joglo yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu atau di rumah biasa di sebut dengan ruang tamu. Namun, bedanya di rumah joglo ini ruang tamu berada di luar atau di tempat yang terbuka. Hal ini merupakan filosopi akan keramahan masyarakat jawa dalam menerima tamu yang tak pernah memilih milih tamu yang akan datang. Selain itu, kebanyakan pendopo tak memilik meja dan kursi sebagai mana ruang tamu modern. Biasanya mereka hanya menggelar tikar atau pun karpet sebagai alas duduk para tamu. Hal tersebut juga berkaitan dengan suatu filosopi masyarakat jawa supaya tamu dengan tuan rumah Bisa mengobrol dengan akrab dan tak membedakan hasta kedudukan. Meski pun tamu yang datang merupakan seseorang yang mempunyai status social dibawah tuan rumah, namun mereka akan tetap bersama sama duduk dalam satu tikar di pendopo.

Pendopo

2. Pringgitan

Setelah melalui pendopo, saat kita memasuki rumah adat jawa ini kita akan menemui satu ruangan yang letaknya berada di tengah tengah antara pendopo dan omah dalem. Ya, ruangan tersebut Bisa kita sebut dengan nama pringgitan. Pringgitan ini berfungsi sebagai tempat untuk menerima tamu yang memilikij Interaksi dekat dengan tuan rumah seperti sodara misalnya. Pringgitan ini biasanya juga di gunakan untuk mengadakan acara adat yang Herbi dengan acara ruwatan untuk anak sukerta. Anak suketa merupakan anak yang di jadikan mangsa bhatara kala atau dewa raksasa yang dipercayai oleh masyarakat jawa.

pringgitan
Pringgitan

3. Omah dalem

Bagian terakhir dari rumah joglo yaitu bagian omah dalem yang merupakan bagian yang berfunsi sebagai tempat bercengrama anggota keluarga. di bagaian rumah joglo ini biasanya terdiri dari beberapa bagian ruangan lagi yakni ruang keluarga dan tiga kamar yang mempunyai fungsi berbeda. Kamar pertama merupakan tempat istirahat kaum laki laki dalam tersebut. Sedangkan kamar kedua merupakan kamar yang wajib di biarkan kosong namun tetap di isi dengan perabotan kamar yang lengkap. Di dalam kamar ini biasanya di jadikan tempat untuk menyimpan benda pusaka layaknya kris. Selain itu, disini biasanya juga merupakan tempat untuk menjalankan pemujaan kepada dewi sri. Dan yang terakhir kamar ketiga merupakan kamar yang berfungsi sebagai tempat istirahat istirahat kaum wanita.

omah ndalem
Omah ndalem

Contoh Desain Rumah Joglo yang Cantik

Meski pun di dalam sejarahnya rumah joglo ini hanya di miliki oleh priyai atau kaum bangsawan. Namun, tak ada salahnya bila kita meniru konsep rumah joglo yang terlihat elegan dengan segala Estetika yang terpacar dari gaya klasiknya. Meski berkonsep tradisional, dalam membangun rumah ala gaya rumah joglo ini bukan berarti kita tak Bisa membawa konsep modern di rumah kita. Rumah joglo dengan konsep modern akan sangat terlihat cantik dengan menawarkan pemandangan yang memadukan hal klasik dengan hal hal yang berbau modern. Ada banyak konsep yang Bisa kita pilih dalam mendirikan rumah joglo yang cantik. Meski konsep utamanya tetap mengutamakan gaya klasik, namun perpaduan modern akan sangat mempercantik rumah impian kita. Sebagai bahan tiruan, berikut ini admin telah menyiapkan beberapa gambar desian rumah joglo yang cantik :
Contoh Desain Rumah Joglo yang Cantik

 

rumah joglo 1

rumah joglo 3

rumah joglo 5

Baca Juga;

Incoming search terms:

  • desain rumah joglo